The Great Gatsby (1925) – Book Review

Mengisahkan Nick Carraway, seorang pendatang baru dibisnis saham yang baru mulai memasuki dunia sosialita kelas atas di New York tahun 1920an. Tepat di sebelah rumahnya, adalah rumah megah yang hampir setiap minggu mengadakan pesta besar-besaran, rumah tersebut adalah rumah dari Jay Gatsby, seorang milyuner misterius yang senang mengadakan pesta.

Gatsby

Di luar dugaan, hubungan kedua tetangga ini makin dekat, Jay Gatsby berbagi kisah masa lalunya ketika masa perang dan juga kisah cintanya yang lalu. Diketahui belakangan Jay Gatsby dan sepupu dari Nick, Daisy Buchanan, dahulu pernah menjalin kasih, namun terpisah karena perang.

Selepas perang, Gatsby yang kehilangan jejak Daisy, bertekad untuk mengadakan pesta secara berkala, dengan harapan Daisy akan datang ke pestanya tersebut. Namun sayangnya, kini Daisy telah menjadi isteri orang. Bagaimanakah nasib Gatsby? Mampukah Tom mempertemukan mereka berdua?

Buku fenomenal karya Fitzgerald ini merupakan buku wajib di kelas bahasa Inggris di Amerika Serikat. Cara penulisan dan penuturan cerita yang berkarakter serta kisah Gatsby yang fenomenal, menjadikan buku ini menjadi buku bacaan sepanjang masa.

Alurnya yang tak tertebak diawal, akhirnya mengalir lancar ditengah buku dan menuju akhir yang tak terduga. Bukan sekedar novel dengan roman picisan dangkal, namun dengan mempertimbangkan berbagai unsur dan karakter yang kuat, menjadikan cerita sederhana ini menjadi jauh lebih berbobot.

Dalam membaca buku ini, sangat disarankan untuk membaca versi aslinya yang berbahasa Inggris, demi merasakan kata perkata ala literatur klasik Amerika. Buku yang kemudian difilmkan dengan Leonarno Di Caprio sebagai Jay Gatsby ini, patut diacungi jempol karen mampu membawa pembaca ke era 20an dan melihat kehidupan para sosialita di era tersebut. Lalu tentu saja buku ini tetap menarik untuk dibaca berulang-ulang.

Genre: Novel, Fiksi
Penulis: F. Scott Fitzgerald

Advertisements

3 Comments on “The Great Gatsby (1925) – Book Review”

  1. Yuna says:

    Sepertinya emang patut di baca. *langsung cari ke buku bekas* hehehehehehe


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s