Smoke Screen (2008) – Book Review

Genre: Crime, Novel, Fiksi, Misteri
Penulis: Sandra Brown

smoke screen

Brittany Shelley, seorang reporter tv nasional yang sedang naik daun, sedang dalam masa jayanya mengalami suatu kejadian yang mengubah hidupnya dalam semalam. Britt terbangun di kamar Jay Burgess, seorang Polisi di Charleston yang dulu pernah dipacarinya. Jay tergeletak disebelahnya tak bernyawa, dan celakanya Britt tak mengingat apapun yang terjadi malam sebelumnya tepat setelah Jay mendadak mengajak bertemu dan akhirnya mereka mengobrol di sofa milik Jay. Hanya sampai saat itu saja ingatan yang ada pada Britt. Kini Britt harus berhadapan dengan interograsi polisi, dan harus menunggu sampai hasil tes dan otopsi keluar.

Sialnya lagi, disaat Britt seharusnya istrahat dan menenangkan diri di kediamannya, Britt justru diculik. Penculiknya tak lain adalah Raley Gannon, teman masa kecil Jay yang merupakan seorang mantan Petugas Pemadam Kebakaran,  yang kasusnya menjadi bahan pertama Britt menuju karir yang menanjak sebagai seorang Reporter. Apakah maksud Raley menculik Britt, dan bagaimana nasib Britt selanjutnya?

Novel karya Sandra Brown ini menghadirkan sisi kriminal, misteri yang tak lepas dari romantisme khas Ms. Brown. Suatu masalah yang rumit secara runtun dihadirkan pada novel ini, tidak lupa dengan akhir cerita yang tak terduga. Karakter kuat tiap tokoh hadir dari sudut pandang orang ketiga, tanpa menghakimi dan tetap objektif.

Kasus yang ada membuat pembaca turut memutar otak dan menduga-duga, apa modus dan siapa saja yang sebenarnya bertanggung jawab atas kasus tersebut. Seperti biasa, karya Sandra Brown sepertinya memang harus dimasukan dalam kategori dewasa karena, dalam novel ini hadir beberapa adegan dewasa yang hampir detail, walau fokus utama tetap pada kasus pembunuhan yang terjadi.

Buku ini juga sempat difilmkan pada tahun 2010 dengan judul sama, disutradarai oleh Gary Yates dan diperankan oleh Jaime Pressly, Currie Graham, dan Garwin Sanford.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s