From Paddington 4:50 (1957) – Book Review

Genre: Misteri, Detektif, Novel, Fiski, Kriminal
Penulis: Agatha Christie

Mrs. McGillicuddy baru saja berbelanja kebutuhan Natal di London, dalam perjalanannya untuk kembali ke desanya St. Mary Mead dengan kereta pukul 4:50, suatu hal yang tak terduga mengagetkannya. Tepat ketika keretanya berdampingan dengan kereta lain, Mrs. McGillicuddy melihat adegan seorang pria yang memunggungi jendela kereta sedang mencekik seorang wanita hingga ambruk.

from paddington 4.50

Mrs. McGillicuddy yang baru tersadar dari keterkejutannya pun melaporkan hal ini kepada kondektur yang kebetulan baru tiba di kompartemennya. Namun sayangnya ucapan wanita paruh baya ini dianggap lalu oleh sang petugas. Kesal tak dianggap, Mrs. McGillicuddy mencurahkan ceritanya kepada teman baiknya, Jane Marple. Dengan tenang Miss Marple mengusulkan untuk menunggu beritanya di koran pagi, karena cepat tau lambat, dugaanya, mayat itu seharusnya ditemukan dan membuat heboh surat kabar Inggris.

Sayangnya berita yang ditunggu tak kunjung tiba, tak ada kabar ditemukannya mayat wanita dalam kereta atu hal sejenisnya, dengan resah Mrs. McGillicuddy menuruti usulan Miss Marple untuk melaporkan hal ini kepada petugas polisi yang dikenalnya dan menunggu kabar selanjutnya. Lagi-lagi polisi tersebut tidak menemukan petunjuk sedikit pun mengenai mayat wanita di kereta maupun disekitar jalur kereta.

Miss Marple pun meyakinkan Mrs. McGilliCuddy yang hendak menuju India, agar tenang saja dan menyerahkan segala urusan ini kepada Polisi. Sedangkan Miss Marple diam-diam memperkirakan dimana sebenarnya mayat itu disembunyikan. Miss Marple berulang kali naik kereta dari Paddington pukul 4:50.

Kemudian untuk menjalankan penyeledikannya, Miss Marple memperhitungkan beberapa kenalannya untuk membantu, karena dirinya terlalu tua untukk melakukan segalanya sendiri. Salah satu orang kepercayaannya adalah Lucy Eyelesbarrow, seorang pembantu rumah tangga profesional yang cerdas dan ahli dibidangnya. Bagaimanakah upaya Miss Marple dan Lucy dalam menyelidiki keberadaan mayat berikut pelaku pembunuhan tersebut?

Cerita karya Agatha Christie yang satu ini sangat direkomendasikan bagi para pembaca. Buku ini mampu membawa pembaca terhanyut dalam penyelidikian yang mungkin terlihat amatir dan sederhana namun mengena. Berbagai karakter yang hadir kuat dengan karakternya, dan kemampuan Miss Marple dalam menemukan kesamaan karakter para tokoh yang ada dengan orang-orang yang dikenalnya di desa sangat menyenangkan untuk disimak.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s