Kafka on the Shore (2002) – Book Review

Genre: Fiksi, Literatur, jepang, Novel
Penulis: Haruki Murakami
Penerjemah: Philip Gabriel

“In English, there’s this expression, ‘red herring’. Something that’s very interesting but leads you astray from the main topic” – Oshima

Buku yang menceritakan tentang seorang anak laki-laki berusia 15 tahun yang melarikan diri dari rumah yang Ia huni bersama ayahnya. Ia menamakan dirinya Kafka Tamura. Kafka lahir di keluarga yang bisa dikatakan kaya raya, namun ibu dan kakak perempuannya meninggalkan dirinya dan ayahnya saat Kafka masih berusia empat tahun.

kafka

Tidak ada ingatan mengenai bagaimana wajah ibunya, yang tersisa hanya fotonya bersama kakak perempuannya di pinggir pantai saat dirinya berusia sekitar tiga tahun.

Hubungannya dengan ayahnya biasa saja, tidak baik tidak juga buruk, itdu mungkin disebabkan oleh kesibukan ayahnya sebagai seorang scluptor dan profesor seni. Kafka dapat dikatakan tinggi untuk remaja berusia 15 tahun, Ia memastikan dirinya tampak lebih tua dari umurnya, Ia melatih otot-ototnya, berolahraga sejak beberapa tahun lalu mempersiapkan hari besar ini, tepat menjelang hari ulang tahunnya yang ke lima belas.

Dengan membawa beberapa uang dari meja kerja ayahnya serta satu ransel perlengkapan sehari-hari yang ia butuhkan, Kafka meninggalkan Tokyo menuju barat, sebuah pulau yang dihubungkan dengan sebuah jembatan besar, Shikaku namanya.

Dilain pihak, Nakata-san, seorang laki-laki paruh baya yang tidak bisa membaca maupun menulis namun dikenal sebagai ahlinya mencari kucing yang hilang, perlahan berubah. Keahliannya berbicara dengan kucing membantu dirinya menemukan kucing-kucing yang hilang, dengan upah yang lumayan sehingga dirinya dapat menyantap belut kesuakaan, Nakata menjalani harinya dengan tenang. Semuanya berjalan seperti biasa, hingga suatu hari kasus hilangnya kucing peliharaan keluarga Koizumi, bernama Goma yang membawanya pada satu permasalahan pelik, yang mengubah hidupnya untuk selamanya.

Bagaimanakah petualangan Kafka di Shikoku? Perubahan seperti apa yang dialami Nakata? Sebagaimana biasanya cerita karangan Haruki Murakami, setiap tokoh yang pada bagian awal buku tampak tidak saling berhubungan dalam proses menuju akhirnya kemungkinan besar akan berkaitan, baik langsung maupun tidak. Pada bagian awal buku semua cerita tampak dekat dengan kehidupan sehari-hari pembaca, tidak ada hal yang dirasa sedikit nyeleneh.

Namun seiring dengan dibaliknya halaman buku ini, perlahan kenyelenehan khas Murakami mulai tampak, beberapa hal yang benar-benar fiksi dimunculkan pada cerita ini, namun entah kenapa bisa dikatakan masih masuk diakal. Pembelajaran dimulai dari sejarah, pengetahuan filosofi, serta pandangan-pandangan yang bervariasi tentang hidup, pencarian jati diri hadir pada buku ini.

Membuat pemabaca sering mengutip kalimat-kalimat yang dirasa dekat dengan pengalamannya serta pandangannya tentang suatu hal. Pada buku ini melalui tokoh Oshima, seorang penjaga perpustakaan yang cerdas, hadir teori-teori dan kalimat yang sangat menarik untuk dikutip.

“but people need to cling to something, they have to. You’re doing the same, even though you don’t realise it. It’s as Goethe said: everything is a metaphore.” – Oshima

 

Ya, seperti itulah ciri khas dari Penulis novel dan cerita pendek asal Jepang yang telah banyak menerima penghargaan ini, karya-karyanya selalu membuat berpikir, dan penasaran serta ketagihan ingin membaca lagi karya-karya lainya dari sang novelis.

“It’s all a question of imagination. Our responsibility begins with the power to imagine. It’s just as Yeats said: In dreamsbegin responsibility.” – Oshima

 

Advertisements

One Comment on “Kafka on the Shore (2002) – Book Review”

  1. […] Haruki Murakami pada umumnya dikenal sebagai penulis buku Norwegian Woods yang sudah di filmkan, Kafka on the Shore yang unik dan penuh dengan pelajaran yang adapat dipetik, dan juga buku terbarunya 1Q84 yang […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s