Spirited Away (2001) – Movie Review

Genre: Anime, Jepang, Animasi, Fiksi
Director: Hayao Miyazaki
Cast(Seiyuu):
Rumi Hiiragi sebagai Chihiro/Sen
Miyu Irino sebagai Haku
Mari Natsuki sebagai Yubaba/Zeniba
Bunta Sugawara sebagai Kamaji
Yumi Tamai sebagai Rin

spirited away

Mengisahakan Chihiro anak manja dan penakut sedang kesal pada orang tuanya karena harus pindah sekolah dan rumah ke tempat yang jauh berbeda. Dalam perjalanan menuju rumah baru, mobil mereka tersesat dan malah menuju sebuah bangunan tak teurus di ujung hutan.

Karena penasaran, ayah Chihiro turun dari mobil memeriksa bangunan tersebut diikuti ibu Chihiro dan Chihiro sendiri dengan terpaksa. Ternyata dibalik bangunan tersebut terdapat padang rumput yang luas, yang di ujungnya terdapat sederetan tempat makan di pinggir jalan berikut makanannya. Walaupun tidak ada yang menjaga, karena lapar kedua orang tua Chihiro melahap makanan-makanan tersebut. Sebaliknya Chihiro yang sedang kesal tidak mau memakananya, Chihiro melihat sekeliling sampai Ia bertemu dengan seorang anak lelaki berpakaian tradisional yang melarangnya berada di tempat tersebut, dan mengharuskan Chihiro pergi sebelum semua lampu dinyalakan karena hari sudah mulai gelap.

Sayangnya peringatan tersebut terlambat, kedua orang tuan Chihiro telah berubah menjadi babi dan padang rumput yang tadi mereka lewati telah berubah menjadi sungai yang dalam. Bagimana nasib Chihiro dan kedua orang tuannya? Di manakah mereka sebenarnya dan siapakah anak laki-laki tersebut?Seperti biasa animasi produksi Ghibli pasti menyiratkan pesan moral bagi penontonnya. Pada film kali ini penonton bisa melihat perubahan sikap Chihiro, ia makin dewasa dan tabah menghadapi permasalahannya. Bagaimana perbuatan baik dan tulus dapat membuahkan hasil yang tak terduga, serta kerakusan yang dapat menipu kita, semua pelajaran tersbut dihadirkan tanpa kesan menggurui pada anime ini.

Dapat dilihat beberapa tokoh pada anime ini tampak tak asing bagi yang sudah pernah menonton Howl Moving CastleBukan pada karakternya namun pada desain tokohnya, seperti nenek penyihir, burung gagak dan desain karakter Haku, yang tampak mirip dengan desain tokoh Howl. Unsur komedi juga turut dihadirkan pada anime ini, petualangan tak lazim di negeri khayalan yang menyenangkan memanjakan imajinasi, membuat film animasi ini wajib ditonton bagi kalian pecinta film, khususnya film produksi Ghibli.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s