The Unknown Errors of Our Lives (2005) – Book Review

Genre: Novel, Fiksi, India, Budaya
Penulis : Chitra Banerjee Divakaruni

Buku ini berisi kumpulan cerita pendek dari wanita-wanita India berbagai usia dan generasi yang menjadi imigran di Amerika.Terdiri atas sembilan cerita antara lain:

unknown errorNyonya Dutta Menulis Surat (Mrs. Dutta Writes A Letter), yang menceritakan wanita paruh baya yang baru beberapa tahun dibawa ke Amerika oleh putra satu-satunya, untuk tinggal bersamanya dan istri serta dua anaknya. Di sana, nyonya Dutta selalu menuliskan ceritanya dan pemikirannya kepada seorang temannya di India, Roma. Poin utama dari cerita ini adalah pengalamannya menjadi mertua dan nenek di negeri asing, dimana budaya India yang Ia pegang teguh terkadang tak sesuai dengan kehidupan baru putranya dan keluarga kecilnya.

Cerita kedua adalah Kecerdasan Benda-benda Liar (The Intellegence of Wild Things). Mengisahkan wanita yang baru saja berjumpa kembali dengan adik laki-lakinya yang sudah beberapa tahun kabur dari rumah karena bertengkar dengan ibunya. Pertemuan dan pembicaraan yang canggung terjadi, kilas balik kebersamaan mereka dulu serta kilasan saat terakhir kali dirinya bercakap dengan sang ibu di India lalu kembali ke masa kini, di atas kapal feri, di Amerika dan hal penting yang perlu ia katakan kepada sang adik.

Cerita ketiga berjudul Kehidupan Orang-Orang Asing (Lives of Strangers), mengisahkan Leela, wanita muda yang sejak lama tinggal di Amerika, kini berkunjung ke kampung halamannya di Calcutta, India. Di sana Ia diikutsertakan oleh bibinya untuk mengikuti kegiatan ziarah ke kuil Armanarth. Selama perjalanan terdapat seorang wanita paruh baya bernama Nyonya Das yang dikabarkan selalu diselimuti kesialan dalam hidupnya, sehingga orang-orang sekitarnya tak mau mendekat. Leela yang tidak mengambil pusing hal tersebut, terlibat suatu kejadian yang membuatnya dekat dan memiliki suatu garis takdir yang berhubungan dengan Nyonya Das.

Kisah berikutnya adalah Cinta Seorang Pria Baik (Love of A Good Man), yang menceritakan Monisha, wanita dewasa yang bertekad tidak ingin bernasib sama dengan almarhum ibunya, yang ditinggal pergi suaminya. Kini Monisha sudah bersuami, memiliki seorang putra, Suatu ketika terdengar kabar bahwa ayah Monisha ingin berkunjung dan bertemu dengan cucunya. Hal ini menjadi permasalahan bagi Monisha yang masih menyimpan amarah untuk sang ayah, dan kini turut mempengaruhi hubungannya dengan suaminya.

Cerita kelima berjudul Apa yang Diketahui Tubuh (What the Body Knows), mengenai Aparna, wanita India yang tengah mengandung, hampir sembilan bulan. Segera setelah melahirkan beberapa hari lebih cepat dari seharusnya, sang bayi lahir dengan sehat, namun sayang Aparna memiliki sedikit masalah yang mengharuskannya dioperasi dan tinggal di rumah sakit lebih lama sehingga melewatkan momen merawat bayi tersebut. Rasa sakitnya dan merasa kehilangan momen merawat sang bayi membuat psikologisnya kacau, bahkan membuat kehilangan hasratnya untuk melanjutkan hidup. Hingga suatu ketika Ia merasa mendapat perhatian lebih dari seorang dokter tampan di Rumah Sakit tersebut.

Cerita keenam adalah Anak-anak yang Terlupakan (The Forgotten Children), mengisahkan Shanti, seorang wanita India yang mengenang masa kecilnya yang selalu berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain, karena ayahnya. Ia dan adik laki-lakinya sering bercerita sambil berkhayal hanya tinggal berdua dan bahagia, tanpa ayah pemabuk dan pemarah dan ibu yang diam menurut tak berkutik saat sang ayah marah-marah.

Kisah selanjutnya berjudul Masa Kaktus Berbunga (The Blooming Season of Cacti). Menceritakan seorang wanita India muda bernama Mira yang tadinya tinggal di Dallas, Amerika bersama kakak dan kakak iparnya kini bertekad menuju California seorang diri, mencari kehidupan yang lebih baik. Setibanya di California, Ia bekerja  di sebuah restoran milik orang India juga,  beberapa kali Mira mengenang masa lalunya bersama ibunya di Bombai dan perbedaan pendapatnya dengan sang kakak di Dallas.

Kisah kedelapan berjudul Kesalahan-Kesalahan yang Tidak Diketahui dalam Hidup Kita (The Unknown Errors of Our Lives). Menceritakan Ruchira wanita India yang kini berbahagia dengan kekasihny, mengenang pengalamannya dan membaca catatan-catatan lamanya,  lalu keputusannya yang hampir saja membuat dirinya tak bertemu dengan Biren, pria yang ia cintai. Namun suatu ketika, seorang wanita muncul dan mengaku memiliki hubungan dengan Biren.

Cerita terakhir berjudul Nama-Nama Bintang dalam Bahasa Bengali The Names of Stars in Bengali). Berkisah mengenai ibu dan dua anaknya berkunjung ke kampung halamannya di India, bernostalgia dengan lingkungan masa kecilnya, mengenalkan lingkungan tersebut kepada anak-anaknya yang sejak lahir berada di Amerika.

Kumpulan cerita pendek karya Chitra Divakaruni ini begitu beragam namun tetap menceritakannya dari sisi wanita, India dan kebudayaan dan adaptasinya. Buku ini membuat pembaca mendapatkan pengetahuan tambahan mengenai budaya India juga kehidupan, bagaimana pentingnya keluarga, prinsip hidup dan keputusan kecil yang akan berdampak besar bagi masa depan.

Chitra Divakaruni sendiri merupakan seorang wantia India yang tinggal di Amerika, berprofesi sebagai seorang penulis buku, puisi dan juga profesor di Universitas Houston untuk program Penulisan Kreatif. Kumpulan cerita pendek sebelumnya Arranged Marriage memenangkan American Book Award pada tahun 1995. Novelnya yang berjudul The Mistress of Species dan Sister of My Heart pun pernah diadaptasikan menjadi film.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s