The House of the Spirits (1982) – Book Review

Genre: Novel, Fiksi, Drama
Judul Asli: La casa de los espiritus
Penulis: Isabel Allende

the house of the spirits

Sama seperti saat kita datang ke dunia ini, saat mati kita takut akan yang tidak diketahui. Tapi rasa takut itu sesuatu dari dalam diri yang tidak ada kaitannya dengan kenyataan. Mati itu sama seperti lahir: hanya perubahan – Clara

Novel ini mengisahkan kehidupan tiga generasi perempuan keluarga Tureba,
dimulai Clara de Valle dari yang sejak lahir memiliki kemampuan tak biasa, memiliki kebiasaan menuliskan segala hal yang dialaminya dalam buku. Lalu generasi berikutnya, Blanca Trueba yang cenderung tenang namun memberontak dari kehendak ayahnya yang keras, dengan menjalin hubungan dengan lelaki beda status sosial yang telah menjadi temannya sejak kecil.

Kemudian generasi ketiga, Alba Trueba yang pemberani dan berpegang teguh pada pendiriannya yang melanjutkan kegemaran neneknya untuk menuliskan kejadian-kejadian dalam hidupnya pada sebuah buku. Kehidupan ketiga generasi ini tak lepas dari sosok Esteban Trueba yang merupakan pria berpengaruh dalam kehidupan mereka. Segala tindakan dan perkataanya secara tidak langsung berdampak pada kehidupan ketiga wanita beda generasi ini. Dimulai dari cinta, kehidupan sosial dan juga kelangsungan hidup mereka hingga akhir.

Semua kisah ini terjadi dalam sebuah rumah yang dikenal sebagai rumah besar dipojokan jalan, kehidupan wanita dari tiga generasi berbeda yang menyelipkan pergolakan politik Chili, dan pandangan serta idealisme orang-orang pada masa tersebut.
Buku ini menghadirkan kisah yang tak biasa, dengan alur maju dan dengan sudut pandang beberapa tokoh yang berbeda, membuat pembaca menebak-nebak akan dibawa kemana kisah ini. Permainan emosi dan pendapat beberapa tokoh yang mendalam, bumbu-bumbu kisah romantis juga pandangan terhadap kehidupan membuat buku ini lengkap untuk dibaca, dan tidak sabar untuk menyelesaikannya. Buku ini juga dibuat adaptasi filmnya dengan judul serupa pada tahun 1993, dengan dibintangi oleh Meryl Streep, Jeremy IronsGlenn Close, Antonio Banderas, Winona Ryder dan mendapatkan penghargaan seperti Bavarian Film Awards, German Film Awards, The Golden Screen Award, dan masih banyak lagi.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s