A Wild Sheep Chase (1982) – Book Review

Genre: Novel Misteri, Fantasi, Fiksi
Penulis: Haruki Murakami
Penerjemah: Alfred Birnbaum
Penerbit: Vintage

wild sheep chase

Buku ini mengisahkan seorang “Aku” pemeran utama yang tak bernama, yang berprofesi sebagai seorang Copywriter sekaligus pemilik perusahaan Advertising yang dikelola bersama seorang temannya. “Aku” ini merasa hidupnya biasa saja, kesehariannya biasa saja nyaris monoton, tapi suatu ketika tak lama setelah perceraiannya Ia bertemu dan menjalin hubungan dengan seorang gadis yang tampak biasa saja namun ketika telinganya ditunjukkan, membuat gadis itu tampak luar biasa, dan perlahan hidupnya mulai tidak biasa.

Gadis itu berprofesi sebagai model telinga, disamping dua pekerjaan lainnya. Profesi itu lah yang akhirnya mempertemukan mereka. Telinga gadis ini diceritakan memiliki kekuatan khusus, selain berbentuk luar biasa cantiknya, telinga ini juga memiliki kekuatan seperti membisikan kejadian yang akan datang kepada si gadis. Suatu ketika, si gadis mengatakan kepada “Aku” bahwa sebentar lagi akan ada telpon dan akan berhubungan dengan seekor domba, tak lama kemudian telpon pun berdering.

Ternyata benar, telpon itu adalah telpon dari rekannya, yang memintanya datang ke kantor. Rekannya tersebut baru saja didatangi seorang pria berpakain hitam yang meminta “Aku” datang menemuinya terkait dengan iklan yang belum lama di dimuat, iklan tersebut menampilan sebuah foto beberapa ekordomba, sebuah foto yang diperoleh “Aku” dari seorang kawan lamanya yang bernama The Rat.

Pria berpakaian hitam itu tampak serius dengan ucapannya dan meminta “Aku” untuk segera menemuinya dengan dijemput oleh sebuah limosin hitam, jika tidak perusahaan Advertisingnya akan mendapatkan masalah. Ada apakah dengan foto domba, pria berpakaian hitam itu dengan “Aku” dan The Rat? Bagaimana juga dengan sosok gadis bertelinga ajaib itu?

Buku A Wild Sheep Chase (Hitsuji o meguru bōken) ini merupakan buku ketiga dari trilogi The Rat yang ditulis oleh Haruki Murakami, Buku pertamanya berjudul Hear the Wind Sing (1979), buku kedua berjudul Pinball (1980). Walaupun trilogi, pembaca masih bisa menikmati ceritanya tanpa harus membaca terlebih dahulu buku sebelumnya. Gaya penceritaan Haruki Murakami sangat menyenangkan, dari cerita satu ke cerita lainnya akan berhubungan pada bagian akhir, belum lagi pendeskripsian suasana dan beberapa detail membuat pembaca tersihir seakan berada di Jepang era 80an. Beberapa dialog ringan dan beberapa humor cerdas membuat ketagihan, membuat haus akan kata-kata dari Haruki Murakami.  A wild Sheep Chase ini memiliki satu buku lagi yang karakternya masih sama namun tidak terlalu terkaitr dengan buku ini, buku tersebut berjudul Dance Dance yang dicetak lima tahun setelah A wild Sheep Chase.

(Salah satu lagu yang sering diputar “Aku”)

Advertisements

3 Comments on “A Wild Sheep Chase (1982) – Book Review”

  1. […] Murakami, bisa dilihat sedikit perubahan dari gaya penulisannya. Dibandingkan dengan buku ketiga A Wild Sheep Chase dan buku kedua Pinball, pada buku pertama ini, Murakami-san yang memang dikenal dengan penulisannya […]

  2. […] Buku dengan gaya penulisan Haruki Murakami yang khas ini memang sukses membuat pembacanya penasaran, ‘mau dibawa kemanakah cerita ini?’. Penuturannya berpindah dari ‘Aku‘ ke the Rat lalu kembali ke ‘Aku‘, pendeskiripsian situasi dan perasaan para tokoh yang detail, serta dialog random yang membuat pembaca merenung, merupakan ciri khas dari Murakami-san. Buku ini menghibur sekaligus membuat berpikir, sedikit unsur tak logis, aneh, unik, namun membuat pembaca ketagihan, ingin membaca lagi, lagi dan lagi karya lainnya dari Haruki Murakami. Buku ini merupakan buku kedua dari trilogi the Rat, setelah Hear the Wind Sing  sebelum A Wild Sheep Chase […]

  3. […] ketiga dari trilogi ini adalah A Wild Sheep Chase, yang seperti judulnya, “Aku” kali ini mencari seekor domba langka yang memiliki tanda […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s