Jane Eyre (2011) – Movie Review

Genre: Drama, Romance
Director : Cary Fukunaga
Cast:
Mia Wasikowska sebagai Jane Eyre
Amelia Clarkson sebagai Jane Muda
Michael Fassbender sebagai Mr. Rochester
Jamie Bell sebagai St. John Rivers
Sally Hawkins sebagai Mrs. Reed
Judi Dench sebagai Mrs. Fairfax
Romy Settbon Moore sebagai Adele Varens
Freya Parks sebagai Helen Burns

You are loved. There’s an invisible world all around us. A kingdom of spirits commissioned to guard you, Jane. Do you not see them? – Helen Burns

Kisah tentang kehidupan seorang gadis sebatang kara, Jane Eyre, dilahirkan di keluarga kaya raya namun harus menjadi yatim piatu diusia yang sangat kecil sehingga Ia diasuh oleh pamannya. Dengan alur maju mundur, Jane mengenang masa kecilnya, disaat ia diusir oleh istri pamanya selepas kematian pamannya tersebut, Ia disekolahkan di Lowoods School for Girls, pengajar di sekolah tersebut sangat keras dan sering menyiksa muridnya secara fisik, disana Jane bertemu dengan Helen yang lembut, mereka makin akrab dan menjadi satu-satunya alasan Jane untuk bertahan disana. Hingga suatu ketika Helen sakit dan meninggal dipelukan Jane, Helena berpesan bahwa Ia yakin Jane akan bertahan dan menemukan kebahagiannya sendiri kelak. Kembali kemasa kini dan Jane sedang bercakap dengan St. John RIvers, lalukembali terkenang masa setelah Ia lulus dan keluar dari Lowoods. Bagaimanakah nasib Jane? Mampukah Jane menemukan kebahagiaannya sebagaimana pesan sahabatnya, Helen?

Film yang diambil dari novel karya Charlotte Bronte ini, memang dibuat lebih singkat dari bukunya, namun berhasil menyampaikan inti dari buku tersebut. Walau tanpa humor,  film ini mampu membawa penonton untuk berada di abad ke 19, dimana perbedaan kelas dan kekayaan begitu kental terasa, memberikan pesan moral bahwa kebahagiaan akan datang tepat pada waktunya, asalkan kita tetap berusaha dan yakin. Jane Eyre dapat dijadikan tontonan ringan diwaktu senggang karena walaupun tanpa humor, film ini bisa dikatakan menghibur dari sisi romantismenya. Penasaran? Silahkan intip trailenya dibawah ini.

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s