The Tokyo Zodiac Murders (1981) – Book Review

Judul asli: Senseijutsu Satsujinjiken
Judul Internasional: Detective Mitarai’s Casebook The Tokyo Zodiac Murders
Genre: fiksi, novel misteri
Penulis: Soji Shimada
Tebal Halaman: 360
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama (2012)

Buku yang mengisahkan Detektif yang juga Astrolog nyentrik bernama Kiyoshi Mitarai dan juga sahabatnya, Kazumi Ishioka, seorang ilustrator penggemar buku-buku detektif dan menganggap dirinya detektif amatir, yang berusaha menguak misteri yang hampir 40 tahun tak tepecahkan.

Berawal dari permohonan bantuan seorang wanita, putri polisi yang dulu ditugaskan mengatasi kasus pembunuhan masal 40 tahun silam (1936), untuk membantu memecahkan misteri kasus tersebut demi sang ayah yang baru saja meninggal dunia.

Kasus tersebut sangatlah unik karena sosok yang diduga pelaku karena meninggalkan surat yang berisikan rencana pembunuhan berdasarkan zodiak dan rencana penempatan mayat korban yang tak lain adalah para gadis disekitarnya (anak kandung, anak tiri dan keponakanny), telah tewas terlebih dahulu sebelum korban yang disebutkan dalam suray tersebut hilang dan dibunuh.
Puluhan orang sejak 40 tahun lalu mengusulkan teori-teori kepada kepolisian namun tidak ada yang terbukti, mampukah memecahkan misteri ini dalam waktu 1 minggu saja?

Novel misteri ini mengingatkan kita akan petualangan Sherlock dan Watson, sifat Mitarai yang eksentrik unik yang mungkin membuat orang menyangkanya gila dan kesabaran Kazumi yang selalu menyertainya membumbui cerita dengan tepat. Alur cerita novel ini sedikit berbeda dari novel misteri lainnya karena Shimada San mengajak pembaca untuk turut memikirkan dan memecahkan misteri tersebut, salut kepada Shimada San, yang pasti novel ini wajib dimiliki oleh boxamers yang mengaku sebagai pecinta novel/komik misteri 😀

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s