Saikou no Jinsei no Owarikata (2012) – Drama Review

Judul: Saikou no Jinsei no Owarikata/Ending Planner (2012)
Genre: Drama Keluarga, J Dorama
Episode: 10
Sutradara: Yasuharu Ishii, Daisuke Yamamuro, Ryutaro Kawashima

Pemain:
Yamapi/Yamashita Tomohisa sebagai Ihara Masato (Anak Keduaa Keluarga Ihara)
Eikura Nana sebagai Sakamaki Yuki (Polwan)
Yazamaki Tsutomu sebagai kakek Iwata (Kakek Misterius)
Maeda Atsuko sebagai Ihara Haruka (Anak Ketiga Keluarga Ihara)
Chinen Yuri sebagai Ihara Hayato (Anak Keempat Keluarga Ihara)
Ono Ito sebagai Ihara Momoko (Anak Kelima Keluarga Ihara)
Sorimachi Takashi sebagai Ihara Kento (Anak Pertama Keluarga Ihara-berbeda ibu dengan yang lainnya)


Berkisah tentang Masato putra kedua keluarga Ihara yang akhirnya menjalankan bisnis warisan ayahnya yaitu bisnis pemakaman.
Pada awalnya Masato diceritakan keluar dari rumahnya setelah lulus kuliah karena muak dengan bisnis pemakaman ayahnya itu, dan mencari pekerjaan yang jauh berbeda, yaitu sebagai penyelia para manajer cabang dari sebuah pub yang cukup terkemuka.
Sebenarnya Masato tidak terlalu nyaman dengan pekerjaannya itu karena harus menegur para manajer cabang yang kinerjanya dirasa kurang oleh pusat. Apalagi ada satu manajer cabang yang setelah dikritisi oleh dirinya dikabarkan koma di Rumah Sakit akibat terjatuh dari gedung. Ya betul, manajer tersebut diduga bunuh diri, walaupun tidak ada pesan apapun darinya.

Sontak Masato merasa bersalah, belum lagi tak lama setelah mendengar kabar tersebut, sang ayah dikabarkan koma, dan hanya bertahan sesaat lalu meninggal setelah meninggalkan pesan bahwa hentikan saja bisnis pemakaman tersebut. Masalah tak henti-hentinya datang, beban pikiran atas perktaan ayahnya yang sangat mencintai bisnis pemakaman tersebut, kakaknya Kento yang pergi dari rumah tanpa meninggalkan pesan dan juga kematian manajer cabang yang membuatnya merasa bersalah.
Pada akhirnya, Masato memutuskan untuk menutup perusahaan pemakaman tersebutt setelah Ia melakukan upacara pemakaman untuk ayahnya.

Mengenai masalah Manajer cabang Osada, setelah didatangi seorang kakek, Iwata-san yang mengaku teman ayahnya dan memberinya kata-kata bijak, Masato memutuskan turut campur menyelidiki kematian Manajer Osada tersebut dengan bantuan Yuki, seorang Polwan yang dulu pernah Ia tolong karena menyangka gadis itu akan melompat ke rel kereta untuk bunuh diri dan tak lama kemudian bertemu lagi pada acara kencan buta bersama teman-temannya.
Dalam penyelidikannya itu pun, Masato menjadi banyak tahu tentang Manajer Cabang Osada dan tersentuh oleh sikap manajer selama ini, dan akhirnya menemukan petunjuk bahwa jatuhnya manajer adalah kecelakaan.
Akhirnya sebagai penghormatan Masato memutuskan untuk mengadakan upacara pemakaman untuk manajer Osada, dan inilah pekerjaan Masato untuk pertama kalinya sebagai direktur jasa pemakaman.

Masato yang telah bertekad untuk membuka kembali bisnis pemakaman ayahnya kini telah mengerti sedikit demi sedikit perasaan ayahnya, namun semua tidak selalu berjalan mulus untuk Masato, ada saja masalah yang muncul, mulai dari kelakuan ketiga adiknya yang beraneka macam, Haruka adik perempuan pertamanya yang minder dengan cacat kakinya selalu bertengkar dengan Momoko adik perempuan bungsunya yang memiliki hubungan terlarang dengan guru SMAnya, dan Hayato adik laki-lakinya yang masih kuliah yang hanya memikirkan uang saja. Belum lagi dengan tidak ada kabar dari kakak tertuanya, Kento. Belum lagi klien-klien jasa pemakaman yang meninggal dengan beraneka sebab yang harus diselidiki kejelasanya demi sanak yang ditinggalkanya.

Cerita Ending Planner ini di setiap episodenya selalu memberikan pesan moral dan mengingatkan kita pentingnya dan berharganya keluarga kita. Akting Yamapi disini cukup dewasa dan menyentuh, perubahan karakter Masato begitu nampak dari seorang yang tadinya tidak memikirkan apa-apa selain dirinya menjadi orang yang sangat perhatian dan berempati pada orang disekitarnya.
Semakin lama kisah di episode-episode berikutnya semakin menyentuh, terkuaknya masa lalu beberapa karakter membuat Xamu meneteskan air mata (FYI Xamu sangat peka terhadap kisah-kisah yang berkaitan dengan keluarga).
Drama ini wajib banget buat kalian tonton, selain karena telah mendapatkan penghargaan ‘Best Drama’ Award beberapa waktu lalu, drama ini sangat cocok  terutama bagi kalian yang sedang mencari jati diri ingin tahu tujuan hidup kalian  ataupun buat yang selama ini mengeluhkan situasi di keluarganya.
Xamu tunggu komennya 😀

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s