Anatomy of Fear (2007) – Book Review

Judul: Anatomy of Fear (Anatomi Kengerian)
Penulis: Jonathan Santlofer (2007)
Ilustrator: Jonathan Santlofer
Penerbit: Gramedia Pustaka
Halaman: 392
Genre: Novel Suspens Visual (Dewasa)

Image

Berkisah tentang Nate Rodriguez, Seniman Forensik NYPD yang hidupnya berubah seketika semenjak diajak bergabung oleh Detektif Terri Russo, untuk membantu penyelidikan kasus pembunuh berantai yang menyelipkan sketsa korban sebagai tanda tangannya.
Nate diajak bergabung dalam penyelidikan tersebut karena selama ini hasil sketsa forensiknya berhasil membantu NYPD menangkap para buronan  dengan keakuratan yang hampir sempurna ini, dinilai dapat membantu menebak karakter pembunuh bersketsa ini dan menggambarkan sosoknya berdasarkan cerita saksi mata tak langsung dari kasus-kasus tersebut.
Konflik makin terasa saat sang pembunuh bersketsa tersebut menyadari dirinya memiliki saingan pembuat sketsa yang berupaya mengungkap dirinya. Pembunuh bersketsa ini pun kini menjadikan Nate sebagai sasaran, bahkan menjebak Nate dan meniru beberapa garis sketsanya sehingga menimbulkan kecurigaan oleh atasan Nate, Perry Denton yang sejak awal menentang keikutsertaan Nate dalam kasus ini. Hal ini yang kemudian membuat Nate harus keluar dari kebiasaan lamanya, mendobrak rasa takutnya akan pembunuh ini yang makin mendekat kedalam kehidupannya.

Secara keseluruhan novel suspens visual ini memberikan nuansa yang berbada, menghadirkan sudut pandang beberapa tokoh didalamnya dan juga menampilkan sketsa-sketsa yang ada sehingga membuat pembaca menjadi lebih dekat dengan cerita, seakan mengalami langsung kejadian demi kejadian yang ada.
Pada novel ini, Jonathan Santlofer juga menampilkan isu-isu politik internal NYPD dan FBI juga kehidupan suku latin di Amerika berikut kebiasaan dan kepercayaanya, cara membaca emosi dari ekspresi wajah dan masih banyak lagi yang memberikan pengetahuan lebih kepada para pembaca.

Tentang Penulis:
Jonathan Santlofer adalah seorang seniman terkemuka di Amerika Serikat. Karya-karyanya pernah ditulis dan diulas di Art in America, Arts, Artforum bahkan The New York Times.
Karya-karya tersebut juga menjadi koleksi pribadi, publik, maupun institusi seperti The Art Institute of Chicago dan Chase Manhattan Bank.
Untuk mengetahui lebih banyak tentang Jonathan Santlofer, kalian dapat mengunjungi jonathansantlofer.com

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s